Posted by : Unknown Sabtu, 05 April 2014

TARIAN KHAS TEGAL

1.Tari Mina Lodra dan Retno Tanjung

 Tari Retno Tanjung yang dibawakan siswa SMA N 1 Tegal dalam acra sosialisasi hak paten tarian adat khas Kota Tegal, Senin (30/12). SATELITPOST/VINISA
TEGAL, SATELITPOST – Tari Mina Lodra dan Tari Retno Tanjung dipatenkan sebagai tarian khas dari Kota Tegal pada Senin (30/12). Penandatanganan hak paten tersebut merupakan upaya pelestarian kesenian lokal Kota Tegal.
“Kesenian lokal harus dilindungi,” kata Wakil Wali Kota Tegal, Habib Ali Zaenal Abidin, usai menandatangani hak paten di Pendopo Ki Gede Sebayu Balaikota Tegal. Rencananya, setelah ditandatangani berkas tersebut akan segera dikirimkan ke Dirjen Hak Kekayaan Intelektual (HAKI).
Pengajuan hak paten, kata Habib, harus dilakukan untuk mengantisipasi klaim dari daerah lain atas kesenian tersebut. “Ini baru tahun pertama Pemerintah Kota Tegal mengajukan hak paten,” kata dia menambahkan.
Dia juga mengatakan Kota Tegal masih banyak memendam potensi kesenian lokal. “Misalnya kesenian si Balo – Balo. Rencananya kami juga akan mengajukan hak paten sebagai seni budaya khas Kota Tegal,” kata dia.
Dia mengatakan, untuk pengajuan hak paten kesenian Si Balo-Balo akan segera dikoordinasikan dengan Dinas Pendidikan dan Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tegal. “Masih dalam tahap koordinasi,” kata dia.
Selain dipatenkan, kesenian tari Mina Lodra dan Retno Tanjung juga akan dijadikan ajang perlombaan yang akan dimulai dari lingkungan sekolah. Rencananya, lomba kedua tari tersebut akan digelar saat peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas).
“Lomba sebagai salah satu upaya sosialisasi tari baru, juga sebagai penyemangat masyarakat untuk menciptakan tari atau kreatifitas budaya daerah baru,” kata Habib.
Ia berharap, melalui hak paten pemerhati, tenaga pendidik dan warga akan termotivasi untuk terus menciptakan tradisi budaya baru. “Kalau membuat kegiatan jangan diisi dengan tari balet. Itu budaya luar, isi dengan tarian lokal saja,” ujarnya.
Sementara Kepala Dinas Pendidikan Kota Tegal Dra. Titik Andarwari mengatakan Tari Mina Lodra dan tari Retno Tanjung, merupakan ciptaan Endang Supadmi guru SMA Negeri 1 Kota Tegal. Ia mengatakan kedua tari tersebut merupakan tarian khas Kota tegal dengan ciri pada ceritanya.
“Tari tersebut menceritakan tentang kegiatan nelayan dan instrinya dalam mengelola hasil perikanan,” ujar Titik. Hal tersebut menurutnya menjadikan kedua tari sebagai identitas Kota Tegal sebagai Kota Bahari.
“Pengajuan hak cipta ini diajukan dengan anggaran 50 juta rupiah,” katanya. Anggaran tersebut digunakan untuk membiayai notaris hingga sosialisasi. Titik menambahkan, setelah dilakukan penandatangan dengan notaris, Hak Paten akan dikirimkan ke Dirjen HAKI, untuk dipatenkan sebagai tarian khas milik Kota Tegal.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Blogroll

Music Playlist

Diberdayakan oleh Blogger.

Twitter me

Copyright © TEGALKU TANAH AIRKU -Info Seputar Kota Tegal- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan